Meningkatnya jumlah penduduk mengakibatkan meningkatnya jumlah industri dan perumahan. Hal ini berakibat meningkatnya limbah industri dan rumah tangga. Limbah yang dibuang begitu saja tanpa pengolahan akan mencemari sungai, danau, dan laut. Pencemaran ini mengakibatkan menurunnya kualitas air bersih bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.

     Pencemaran udara juga bisa menyebabkan menurunnya kualitas air. Gas sisa buangan pabrik yang mengandung gas beracun terlepas ke udara. Gas tersebut mengandung gas asam yaitu gas yang mengandung senyawa belerang dan nitrogen. Apabila kedua jenis gas tersebut terlepas ke udara dan bereaksi dengan gas hydrogen pada proses daur air, maka akan terbentuk hujan asam. Hujan asam bersifat racun bagi tubuh, sehingga tidak dapat diminum. Hujan asam bahkan dapat merusak gedung-gedung, mencemari sungai, danau, dan laut sehingga menyebabkan tanaman dan hewan air mati.


Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Hujan Asam yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.