Mengatasi Pesan Error PHP pada XAMPP - Halo, selamat pagi sobat. Saya punya kasus seperti ini sobat. Ketika saya membuat program di laptop saya, program saya berjalan dengan semestinya dan tidak ada error apapun. Ketika saya pindahkan programnya ke pc saya itu banyak pesan error yang muncul. Saya langsung mengira bahwa karena dari program xampp yang saya instal berbeda versi, laptop menggunakan xampp versi lama dan pc menggunakan xampp versi terbaru. Contoh pesan errornya seperti ini:
Parse error: syntax error, unexpected end of file in D:/blablabla
Saya belum tau pasti masalah ini dikarenakan program saya memakai kode lama atau memang xampp mempunyai fitur baru. Biasanya yang suka pindah-pindah tempat untuk ngoding agak kewalahan untuk mengatasi masalah ini. Ya seperti kasus yang saya alami di atas tadi hehe.
Ilustrasi Error
Mungkin cara dibawah ini bisa mengatasi pesan error yang kalian alami juga seperti saya.

short_open_tag

Pesan error pada masalah ini biasanya muncul pesan seperti ini
Parse error: syntax error, unexpected $end in C:\xampp\htdocs\belajarweb\entridata.php
Untuk mengatasinya edit file php.ini yang berada di C:\XAMMP\php
kemudian cari dan ubah kode ini
short_open_tag = Off
menjadi
short_open_tag = On
Setelah itu simpan dan restart program xamppnya.


Error Reporting

Error Reporting adalah aturan menampilkan error dihalaman web. Error di PHP punya beberapa tingkatan diantaranya Notice , Deprecated, Warning dan error yang sebenarnya. Error selain error dalam artian ada kesalahan program sebenarnya bisa dihilangkan hanya dengan mengganti konfigurasi error reportingnya. Jika di PHP.ini XAMPP, ada dibaris 500-an.

Untuk mengatasinya ubah kode
error_reporting = E_ALL & ~E_NOTICE
di file php.ini menjadi
Apabila masih terdapat error coba rubah kode diatas menjadi seperti ini
Kemudian save lalu restart program xamppnya.

Nah itulah cara bagaimana Mengatasi Pesan Error PHP pada XAMPP, apakah hanya di xampp saja? WAMP, MAMP dan lainnya juga bisa.

Sumber: http://www.candra.web.id/2013/03/10/mengatasi-error-php

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Mengatasi Pesan Error PHP pada XAMPP yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.