Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya

     Permukaan bumi tidak rata dan halus seperti pemukaan bola. Permukaan bumi penuh dengan gelombang naik dan turun, besar dan kecil yang membentuk kenampakan alam. Ada banyak sekali jenis kenampakan alam di bumi ini.
     Permukaan bumi yang naik tinggi disebut gunung dan bukit bergantung tingkat ketinggiannya. Dataran yang tinggi dan luas di sekitar pegunungan dan perbukitan disebut daratan tinggi, sedangkan dataran luas yang jauh lebih rendah dari pegunungan dan perbukitan disebut dataran rendah. Di dataran tinggi dan rendah terdapat beberapa areal yang berupa cekungan-cekungan cukup dalam. Bila cekungan itu sangat curam dan dalam disebut jurang. Bila cekungan itu berisi air disebut danau, lubuk, telaga, atau sungai. Sungai yang mengalir turun ke dalam patahan bumi disebut air terjun.
     Dataran luas yang lebih rendah lagi dari dataran rendah biasanya terisi air dan disebut laut. Laut yang sangat luas disebut samudra. Di dalam laut juga terdapat berbagai kenampakan alam. Di laut terdapat juga jurang yang disebut palung.
     Daratan yang muncul di tengah laut disebut pulau. Deretan pulau-pulau disebut kepulauan. Daratan yang menjorok ke laut disebut tanjung. Laut yang menjorok ke daratan disebut teluk. Baik di daratan maupun di laut terdapat gunung dan pegunungan. Gunung yang berisi lava dan magma disebut gunung berapi.
     Manusia hidup di sekitar semua kenampakan alam yang ada di daratan. Untuk kelangsungan hidupnya, manusia melakukan adaptasi yang berbeda-beda satu sama lain sesuai dengan alam dan kenampakannya dimana ia hidup. Makanan yang dimakan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga dan teknologi yang diciptakan oleh manusia semuanya akan menunjukkan di mana mereka tinggal dan adaptasi apa yang mereka lakukan.
Di masa sekarang, hasil adaptasi masih dapat kita lihat dari jenis makanan dan barang-barang khas hasil suatu daerah. Makanan dan barang-barang khas dari daerah pegunungan dan dataran tinggi tentu berbeda dengan makanan dan barang-barang khas dari daerah pantai dan dataran rendah.
Berdasarkan bacaan "Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya", terdapat banyak jenis kenampakan alam di bumi ini. Indonesia juga memiliki berbagai jenis kenampakan alam.
1. Kenampakan alam apa sajakah yang ada di Indonesia?
Gunung, Bukit, Laut, Danau, Sungai, dan masih banyak lagi.

2. Adakah kenampakan alam Indonesia yang sangat unik dan terkenal yang kamu ketahui?
Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Slamet, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Sungai Kapuas, Sungai Mahakam, Sungai Barito, Sungai Batanghari, Laut Jawa, Laut Sulawesi.

3. Mengapa sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal?
Karena kenampakan alam biasa terlihat indah dan dijadikan sebagai sarana rekreasi keluarga.

4. Apa yang membedakannya dengan kenampakan alam yang lain?
Bedanya adalah kenampakan alam ini terkenal dan sering di bicarakan oleh masyarakat.

5. Adakah pengaruh kenampakan alam dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya?
Ada, misalkan mata pencaharian penduduk di sekitar lautan itu biasanya nelayan sedangkan mata pencaharian penduduk di sekitar pegunungan biasanya petani.

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Kenampakan Alam yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.