Salah satu hal baru pada Word 2013 dibanding versi sebelumnya adalah kemampuannya membuat serta menyunting file berformat PDF. Dan tidak banyak yang mengetahui bahwa Word 2013 juga bisa membuat dokumen ke format PDF dan melindunginya dengan memasukkan password. Hal ini berguna jika Anda memiliki dokumen penting dan tidak ingin dibaca oleh sembarang orang. Dengannya tidak dibutuhkan lagi bantuan aplikasi pihak ketiga, cukup melalui feature yang disediakan. Berikut caranya:

1. Tentukan lokasi

Buka dokumen melalui Word 2013 yang hendak diubah ke format PDF, bisa berupa file berformat DOC, DOCX, TXT, atau RTF. Lalu, klik menu File > Save AS. Pada bagian kanan, Anda diharuskan menentukan lokasi dokumen tersebut akan disimpan.


2. Ubah dokumen ke PDF

Pada kolom Save As, pilih ke format PDF. Akan tampil opsi baru, klik Options, dan akan terbuka jendela baru. Pada pilihan terakhir (Encrypt the document with a password), beri tanda centang, klik OK.

3. Masukkan password

Masukkan password yang terdiri dari minimal enam karakter dan tidak lebih dari 32 karakter. Masukkan pada kolom pertama dan kedua untuk konfirmasi. Klik Save, dan dokumen Anda telah berubah ke format PDF beserta password-nya.

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Proteksi File PDF dengan Password yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

  1. Itu bikin aman dari modifikasi dokumen dari tangan orang jahil, makasih neng. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget pak, apalagi dokumen yang sifatnya penting, perlu banget tuh di proteksi, makasih juga pak commentnya :))

      Delete

Powered by Blogger.