Model penggunaan printer secara bersama-sama disebut dengan sharing printer. Supaya  mudah, pengelolaannya bisa dilakukan melalui CUPS. Besar kemungkinan CUPS sudah ada di komputer Anda karena selama ini bisa mencetak dengan baik.
Langkah pengaturan sharing printer tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Tancapkan printer ke sebuah komputer
  2. Buka browser yang ada di komputer tersebut dan arahkan ke http://localhost:631
  3. Klik menu Printers yang ada di bagian atas dan pastikan printer Anda sudah terdaftar di bagian tersebut.
  4. Klik menu Administrator
  5. Pada bagian Servers, aktifkan opsi Share printers connected to this system
  6. Klik tombol Change Settings
  7. Masukkan username dan password Anda bila diminta

Sampai disini, status printer Anda sudah ter-shared. Setelah itu, pada komputer yang lain, tambahkan informasi printer baru seperti halnya dulu Anda menambahkan printer ke komputer tersebut namun kali ini pilih Network Printer. Masukkan informasi printer ter-shared tadi dalam format berikut:

ipp://alamat_ip:631//printers/nama_printer

Contoh:
ipp://192.168.1.1:631//printers/Canon

Di Ubuntu kemungkinan tersedia menu wizard untuk mencari printer yang ada pada alamat IP tertentu. Jadi Anda tinggal memasukkan alamat IP saja. Nanti sistem yang akan mencarinya Bila sudah ditemukan Anda tinggal memilih printer tersebut.
Pada piranti lunak yang digunakan untuk mencetak, pastikan printer yang dipilih adalah printer yang telah ter-shared pada jaringan bukan printer lokal.

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Sharing Printer di Linux yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.