Kewajiban dan Hak Kita Terhadap Lingkungan.

Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestariannya. Salah satu caranya adalah memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan, misalnya menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik atau gas, seperti mobil listrik dan mobil tenaga surya. Energi alternatif adalah energi yang ramah lingkungan dan tidak pernah habis, misalnya energi yang berasal dari air, angin, panas matahari, dan sumber daya alam lain yang dapat diperbaharui.

Kita juga berkewajiban membangunan dalam gedung dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan, misalnya membangun gedung yang menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari. Setelah memenuhi kewajiban, kita dapat memperoleh hak kita, misalnya memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan. Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan,
dan pembangkit tenaga listrik. Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, misalnya dari tumbuhan dan hewan yang merupakan sumber energi/tenaga. Sebelum memperoleh hak kita terhadap lingkungan, mari kita laksanakan kewajiban terlebih dahulu.

======================================================================

1. Apa saja kewajiban kita terhadap lingkungan?
Memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan

2. Tulislah 3 contoh sikap ramah lingkungan? Jelaskan!
- Menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik atau gas, seperti mobil listrik dan mobil tenaga surya.
- Membuang sampah pada tempatnya karena pembuangan sampah sembarangan akan membuat pencemaran lingkungan. Terlebih bila sampah tersebut adalah sampah inorganik yang susah terurai.
- Mengurangi pengguaan air. Air yang kita gunakan umumnya diambil dari tanah atau dari bendungan yang disalurkan oleh perusahaan air. Air tanah bila digunakan berlebihan akan menyebabkan permukaan tanah menurun.

3. Mengapa penggunaan energi alternatif merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab kita? Jelaskan!
Penggunaan energi alternatif merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab kita, karena dengan menggunakan energi alternatif, kita akan membantu melestarikan lingkungan dan mengurangi pengeluarkan keuangan.

4. Berikan 3 contoh kebiasaan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat energi!
- Mematikan lampu pada siang hari
- Memakai air secukupnya
- Memakai listrik secukupnya

5. Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu sebelum mendapatkan hak terhadap lingkungan?
Karena kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dan setelah kita dapat melaksanakan kewajiban dengan baik kita juga akan mendapatkan hak dengan baik pula.

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Soal + Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Hal 133-134 yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Powered by Blogger.