JAWABAN KELAS IV TEMA 4 (BERBAGAI PEKERJAAN) SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

HAL 51-52
1. Sebutkan tokoh-tokoh yang ada didalam cerita! Pak Welly, Sudin, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT

2. Apa yang diharapkan oleh Bapak Welly? Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

3. Mengapa Bapak Welly memiliki harapan tersebut? Agar Sudin seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato .

4. Apa yang dilakukan oleh Bapak Welly dan siswa di sekolahnya? Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah untuk menggalang dana.

5. Tokoh mana yang paling kamu sukai? Mengapa? Pak Welly tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati.

Apakah kamu menyukai cerita di atas? Ya

Mengapa? Karena Tekad serta usaha Pak Welly untuk mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati

Bagian mana yang paling kamu sukai? Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya.

Tulis pendapatmu tentang cerita tersebut di bawah ini!
Sebagai guru memang seharusnya mendukung kemajuan muridnya dalam bidang apapun dan sebagai murid kita harus memiliki bakat yg hebat agar bisa membanggakan orang tua dan sekolah.

HAL 54-55
1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan? Mereka menggunakan sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

2. Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan? Mereka menggunakan kapal besar yang menggunakan bahan bakar. Mereka berlayar ke laut lepas dan menangkap ikan jaring dan radar pendeteksi ika. Mereka juga menggunakan bom.

3. Tulislah persamaan dan perbedaaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram venn berikut
4. Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern? Jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern maka persediaan ikan di laut akan cepat habis dan laut menjadi tercemar.

5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga? Sebaiknya nelayang menangkap ikan tidak bom, racun, dan pukat harimau. tetapi menggunakan alat-alat penangkap ikan yang ramah lingkungan.

Apakah kamu setuju dengan pengambilan ikan dengan cara di atas? Tidak

Jelaskan! Karena
pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua
makhluk hidup laut dan Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan.

Apakah akibat buruk yang akan terjadi jika pengambilan ikan menggunakan cara di atas?
Cara ini dapat
menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

HAL 56-57
1. Jenis kegiatan ekonomi. Jenis kegiatan ekonomi pada gambar di atas adalah perdagangan.

2. Jenis barang yang dijualbelikan (Ikan)

3. Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan (Nelayan, Pedagang Ikan, Pengangkut Barang)

4. Hasil dari setiap pekerjaan.
  • Nelayan menghasilkan ikan (Barang)
  • Pedagang ikan memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa)
  • Tukang angkut barang mendapat upah pengangkutan (jasa)
  • Penjual ikan memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa)
Kegiatan Ekonomi di Sekitarku
Di sekitarku kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani. Mereka bekerja di sawah untuk menanam padi dan di kebun untuk menanam tanaman lainnya. Jenis kegiatan ekonomi mereka adalah produksi. Salah satu tanaman yang banyak ditanam di kebun adalah tanaman pisang. Selain penanamannya mudah, pisang juga cepat dapat dijual karena biasanya pedagang yang mendatangi petani untuk membeli pisang. Para petani tersebut menghasilkan barang berupa buah pisang.

Di sekitar tempat tinggalku juga ada beberapa orang yang bekerja sebagai pedagang pisang. Mereka memperoleh pisang dengan cara membeli pisang dari kebun-kebun milik masyarakat sekitar. Biasanya jenis pisang yang diperjualbelikan adalah pisang-pisang yang digunakan untuk membuat makanan seperti seriping dan saleh pisang. Pekerjaan para pedagang pisang menghasilkan jasa yaitu untung yang diperoleh dari menjual pisang.

Pisang-pisang tersebut biasanya dikumpulkan di dekat jalan raya. Setelah terkumpul banyak pisang tersebut diangkut menggunakan mobil angkutan barang menuju pasar terdekat. Ketika berangkat ke pasar mereka biasanya terdiri dari beberapa orang pedagang. Pemilik angkutan menghasilkan jasa dari ongkos yang diterima dari para pedagang pisang.

Setelah sampai di pasar pisang-pisang tersebut dijual kepada pengepul pisang. Setelah terjadi tawar menawar dan terjadi kesepakatan harga jual beli dapat dilaksanakan. Dari pasar tersebut oleh pengepul pisang dibawa ke kota besar untuk dijual kembali kepada pembeli yang lainnya. Pengepul pisang menghasilkan jasa dari keuntungan yang diperoleh.

Sesampainya di kota besar pisang-pisang tersebut diperam terlebih dahulu supaya matang. Setelah matang oleh pedagang pisang di pasar pisang-pisang tersebut dijual kepada para pembuat makanan kecil. Penjual pisang di pasar menghasilkan jasa dari keuntungan yang mereka peroleh.

Para pembuat makanan kecil mengolah pisang yang mereka beli di pasar menjadi beberapa makanan kecil seperti pisang goreng, saleh pisang, atau juga dijual sebagai buah-buahan. Para pembuat makanan kecil menghasilkan barang yaitu aneka makanan yang mereka buat.

Makanan-makanan kecil tersebut biasanya tidak diedarkan sendiri, biasanya dititipkan di warung-warung dekat rumah. Pemilik warung menghasilkan jasa dari penjualan maknanan tersebut. Dari warung tersebut pisang dibeli oleh warga sekitar. Demikianlah salah satu contoh kegiatan ekonomi yang ada di sekitarku.


Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang JAWABAN KELAS IV TEMA 4 (BERBAGAI PEKERJAAN) SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.