Pengenalan HTML

Pengenalan HTML
HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web. Untuk menulis kode HTML digunakan editor  seperti NotePad, Frontpage, atau Dreamweaver.

Contoh kode HTML yang sangat sederhana :

Pasangan tag <HTML> dan </HTML> menandakan bahwa kode yang terdapat di dalamnya adalah kode HTML sehingga browser akan menerjemahkan sebagai dokumen HTML.
Bagian yang terdapat dalam <HTML> dan </HTML> umumnya terbagi atas :
  • Kepala, ditandai dengan pasangan tag <HEAD> dan </HEAD>.
  • Badan, ditandai dengan pasangan tag <BODY> dan </BODY>.
Bagian head berfungsi untuk memberikan informasi tentang dokumen HTML, seperti judul dokumen HTML yang ditulis dalam  pasangan tag <TITLE> dan </TITLE>.
Bagian body berisi semua instruksi untuk mengatur seluruh tampilan halaman web di web browser.

Horizontal Line, Paragraph, Break

Horizontal Line 

Untuk mempercantik halaman, seringkali pembuat dokumen Web menambahkan garis horisontal. Garis ini sebenarnya dapat dibuat dengan mudah, yakni dengan menyertakan tag <HR>.

Paragraph 

Jika dokumen HTML berisi teks yang cukup panjang maka sangat diperlukan untuk membaginya kedalam beberapa paragraph untuk memudahkan pembacaan oleh pengguna. Pembentukan elemen paragraph ini menggunakan sintaksis :
Tag penutup </p> boleh dituliskan boleh tidak, akan tetapi sebaiknya dituliskan untuk mengetahui berakhirnya sebuah paragraf.

Break

Kadangkala diperlukan untuk menulis di baris yang baru dalam sebuah paragraf yang sama pada halaman web yang dibuat. Untuk itu digunakan tag break yang berupa <BR>.

Font Style

Salah satu tujuan perancangan halaman web adalah membuat halaman web yang menarik atau "eye catching". Untuk itu dalam suatu paragraph diperlukan suatu variasi huruf atau font style. 
Berikut ini beberapa font style yang sering digunakan, antara lain :
Pengenalan HTML - Font Style

Tag Font 

Dalam mengatur layout sebuah halaman web yang berisi teks, pengaturan besarnya huruf, warna dan ukuran adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh seorang perancang web. Pengaturan ini dapat menggunakan tag Font <FONT> dengan sintaksis sebagai berikut :
Ukuran font dapat ditentukan dengan angka 1 sampai 7 dengan nilai default 2. Sedangkan warna dapat diganti dengan warna lain.
Contoh penggunaan :

Atribut Warna

Untuk lebih mempercantik tampilan sebuah halaman web, permainan warna menjadi satu hal penting dalam perancangan halaman web. Penulisan atribut warna dapat menggunakan nilai heksa desimal (6 digit) ataupun nama warnanya. 
Pengenalan HTML - Attribute Warna
Bisa memakai Color Code Generation

List

HTML mendukung beberapa format list, yaitu Unordered List dan Ordered List.
Unordered List adalah list yang menggunakan bullet sebagai tanda point.
Contoh sintaksis :
Hasil di browser :
  • apples 
  • bananas 
  • grapefruit

Ordered List

List yang menggunakan angka urut sebagai tanda point. 
Contoh sintaksis : 
Tampilan di browser :
  1. oranges 
  2. peaches 
  3. grapes 
Itulah Pengenalan HTML dasar untuk yang baru mengenali dunia HTML. Silahkan dipelajari ya sobat :)
Semoga bermanfaat~

Ditulis Oleh : Gusti Ardias Riantono ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Pengenalan HTML :: Desain Web Part 1 yang ditulis oleh Gusti Ardias Riantono. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.