Alat musik dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu alat musik bernada (melodis) dan alat musik tak bernada (ritmis).

I. Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik yang bernada dan mempunyai irama. Misalnya pianika, recorder, harmonika, gitar, dan piano.
Cara memainkan alat musik melodis dengan ditiup, dipetik, ditekan, atau digesek. Berikut adalah contoh alat musik ritmis.

1. Recorder
Recorder merupakan alat musik melodis yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara (aerophone) dan dimainkan dengan cara ditiup.

2. Gitar
Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar).

3. Kecapi
Kecapi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik tradisional ini memiliki bentuk kotak dan terbuat dari kayu, dengan dawai yang terletak berjajar di bagian atasnya. Kecapi berasal dari daerah Jawa Barat.

4. Piano
Piano adalah sejenis alat musik yang mempunyai papan ketik atau papan tangga nada, dan menghasilkan suara berdasarkan ketukan palu terhadap senar. Piano dimainkan dengan jari-jemari tangan.

5. Akordeon
Akordeon merupakan alat musik sejenis organ. Alat musik ini relatif kecil, dan dimainkan dengan cara digantungkan di leher.

6. Biola
Biola adalah sebuah alat musik gesek berdawai yang memiliki empat senar yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima.

7. Harmonika
Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.

8. Gambang
Gambang adalah alat musik tradisional yang terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul. Gambang adalah salah satu jenis gamelan langka dan sakral, termasuk barungan alit yang dimainkan hanya untuk mengiringi upacara keagamaan.

9. Kenong
Kenong merupakan salah satu alat musik yang menyusun gamelan Jawa. Kenong biasanya dimainkan dengan dipukul oleh satu alat pemukul.

10. Bonang
Bonang adalah alat musik tradisional Pulau Jawa yang terdiri sekumpulan gong kecil yang disusun secara horisontal dan ditabuh dengan stik.

11. Angklung
Angklung adalah alat musik bambu yang dimainkan dengan cara digetarkan. Suara yang dihasilkan adalah efek dari benturan tabung-tabung bambu yang menyusun instrumen tersebut.

12. Rebab
Rebab adalah jenis alat musik yang di gesek dan mempunyai tiga atau dua utas tali dari dawai logam (tembaga). Rebab adalah salah satu alat musik tradisional bagi masyarakat Melayu, khususnya di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau.

13. Sasando
Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

14. Saron
Saron adalah alat musik pendukung gamelan jawa yang terbagi atas tiga jenis, yaitu saron demung, saron ricik, dan saron penerus / peking.

15. Kolintang
Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. Kolintang merupakan alat musik khas dari Minahasa (Sulawesi Utara) yang mempunyai bahan dasar yaitu kayu yang jika dipukul dapat mengeluarkan bunyi.

16. Suling
Suling adalah salah satu alat musik tiup yang apabila dimainkan dengan baik akan menghasilkan suara merdu yang indah. Suling merupakan alat musik tiup Indonesia yang terbuat dari bambu.

17. Siter
Siter adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa yang terbuat dari kayu berbentuk kotak berongga yang berdawai. Siter adalah alat musik petik memiliki 11 pasang senar, direntang kedua sisinya di antara kotak resonator.

18. Terompet
Terompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

19. Pianika
Pianika adalah alat musik tiup kecil sejenis harmonika, tetapi memakai bilah–bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf.

20. Mandolin
Mandolin adalah sebuah alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Sering dipakai untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi lagu tradisional.

II. Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu.
Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Berikut adalah contoh alat musik ritmis.

1. Tamborin
Tamborin merupakan salah satu alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama riang. Tamborin berbentuk berupa lingkaran logam yang pada sisi-sisinya terdapat bulatan-bulatan logam tipis yang dipasang rangkap. Tamborin ada juga yang menggunakan kulit.

2. Rebana
Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Memiliki bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Rebana sering digunakan dalam musik, seperti gambus dan kasidah. Cara memainkan rebana dipukul-pukul dengan telapak tangan.

3. Drum
Drum merupakan alat musik pukul. Cara memainkan drum dipukul dengan menggunakan stik drum.

4. Kastanyet
Kastanyet dimainkan dengan cara meletakkannya di tangan kiri lalu tangan kanan menepuk tangan kiri yang memegang kastanyet.

5. Triangle
Triangle merupakan alat musik dari bahan besi logam berbentuk segitiga. Cara memainkannya adalah tangan kiri memegang gantungan tali, sedangkan tangan kanan memukul dengan batang pemukul dari besi.

6. Simbal tangan
Simbal terdiri atas sepasang lempengan logam berbentuk lingkaran. Bagian tengah menonjol. Cara memainkannya kedua lempengan diadu atau digesekkan.

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Alat Musik Melodis dan Ritmis yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.