Asal-usul permainan bentengan tidak diketahui secara jelas. Permainan bentengan dimainkan ditempat yang terbuka cukup luas, datar dan teduh. Permainan bentengan bisa dimainkan oleh anak laki-laki atau anak perempuan. Permainan bentengan dimainkan oleh dua kelompok dan setiap kelompok terdiri paling sedikit 3 orang, semakin banyak pemain semakin ramai. 

      Pada zaman dahulu permainan bentengan dimainkan malam hari saat terang bulan purnama. Permainan bentengan saat ini bisa dimainkan pada sore hari atau malam hari. Permainan akan semakin meriah apabila ditonton banyak orang dan bersorak-sorai. Alat yang digunakan untuk permainan bentengan adalah kayu atau papan yang ditancapkan di tanah sebagai benteng masing-masing kelompok atau bisa berupa pohon, tiang atau tembok.
Permainan Bentengan
Cara bermain permainan bentengan adalah :
- Kedua ketua kelompok melakukan suten untuk menentukan kelompok yang akan bermain lebih dahulu.
Suten
- Pemain kelompok yang bermain lebih dahulu mendekati benteng lawan dan berusaha menyentuh benteng lawan. Benteng sendiri harus ada salah satu pemain yang menjaganya.
- Pemain benteng lawan menjaga bentengnya agar bentengnya tidak disentuh lawan dan berusaha mengejar pemain yang mendatanginya untuk ditawan.
- Pemain yang ditangkap akan dijadikan tawanan dan bisa dibebaskan oleh anggota kelompoknya dengan cara ditarik tangannya atau cukup disentuh saja dan langsung berlari.
- Pemain yang berusaha membebaskan pemain yang tertangkap
apabila kesentuh pemain kelompok lain akan ditawan juga.
- Supaya benteng tidak kosong apabila pemain lain mendekati benteng lawan, benteng sendiri harus ada salah satu pemain yang menjaganya.
- Permainan berlangsung sampai salah satu benteng bisa diduduki dan dikuasai oleh kelompok lain hingga permainan berakhir.
- Hukuman bagi kelompok yang kalah adalah menggendong kelompok yang menang atau hukuman sesuai dengan kesepakatan.

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam permainan bentengan adalah:
- Kewaspadaan
- Percaya diri
- Kerja sama
- Setia kawan
- Berusaha dengan keras
- Toleransi
- Berjiwa besar

Ditulis Oleh : Welda Aprilia ~ Mari Belajar

author-photo Kalian sedang membaca artikel tentang Permainan Bentengan yang ditulis oleh Welda Aprilia. Kalian diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya juga ya :)




:: Salam ! ::

Don't forget, share and follow twitter Mari Belajar! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.