Soal + Jawaban Kelas IV Tema 2, Subtema 1, Pembelajaran 1 Hal 2 - Mari Belajar
News Update
Loading...

Jumat, 06 September 2019

Soal + Jawaban Kelas IV Tema 2, Subtema 1, Pembelajaran 1 Hal 2

Soal + Jawaban Kelas IV Tema 2, Subtema 1, Pembelajaran 1 Hal 2



1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
Gambar tersebut menunjukkan aktivitas yang dilakukan manusia dibawah sinar matahari.

2. Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!
Dari gambar menunjukkan manfaat dari sinar matahari bagi keluarga tersebut yaitu untuk mengeringkan baju/pakaian yang baru di cuci. Sinar matahari pagi juga baik untuk kesehatan karena itulah banyak yang melakukan olahraga di pagi hari. Tidak hanya itu, tumbuhan juga memperoleh manfaat dari sinar matahari yaitu untuk membantu proses fotosintesis yang salah satu hasilnya adalah oksigen (O2). Oksigen ini akan dihirup oleh manusia. Tidak berhenti sampai disitu, sinar matahari khususnya sinar matahari pagi juga bisa bermanfaat untuk menghangatkan badan atau untuk berjemur seperti apa yang dilakukan ibu pada anak balitanya pada gambar. Dan ini bertujuan agar si bayi mampu memperoh vitamin D dari sinar matahari pagi.

3. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?
Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!

 Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua makhluk hidup dan benda di siang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi.
Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:

1.         Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.
2.         Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.
3.         Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.
4.         Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
5.         Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.
6.         Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam.
7.         Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
8.         Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak.
Begitu banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi kehidupan di Bumi.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done