X-SAINS: Makhluk Hidup dan Lingkungannya (21 April 2020) - Mari Belajar - Belajar dimana saja dan kapan saja.
Terbaru
Loading...

Selasa, 21 April 2020

X-SAINS: Makhluk Hidup dan Lingkungannya (21 April 2020)

Mari Belajar - X-SAINS: Makhluk Hidup dan Lingkungannya (21 April 2020)

1. Apa pengaruh rantai makanan terhadap tatanan, susunan makhluk hidup dalam suatu ekosistem?
Jawaban : Berguna untuk interaksi langsung antar spesies. Interaksi langsung akan terjadi saat dua spesies tidak berinteraksi secara langsung namun dipengaruhi dengan spesies ketiga. Pengaruhnya sangat besar, bila rantai makanan tidak seimbang maka jumlah populasi dalam ekosistem tersebut menjadi tidak teratur, contohnya adanya konsumen 1 yang bepopulasi sedikit dapat mempengaruhi konsumen 2 nya sampai seterusnya hal itu tentu saja menggangu tatanan mahluk hidup yang tinggal di ekosistem tersebut.

2. Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan?
Jawaban : Perbedaan secara umum antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan adalah rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan atau rantai makanan hanya proses makan dimakan dengan skala lebih kecil sedangkan jaring-jaring makanan merupakan proses atau sekumpulan dari rantai makanan dengan skala yang lebih besar.

3. Bagaimana hubungan interaksi antara makhluk hidup yang mendiami habitat dalam suatu
ekosistem? Tuliskan contoh-contohnya!
Jawaban : Ada hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan, baik lingkungan yang berupa makhluk hidup atau dengan benda tak hidup. Hubungan itu akan membentuk timbal balik yang kompleks. Makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling berhubungan di alam, biasa di sebut dengan ekosistem, dan di alam terdapat bermacam-macam ekosistem. Contohnya yakni padi selain membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis sebagai penghasil sumber makanannya, juga membutuhkan udara sekitar untuk bernapas serta membutuhkan air dan tanah agar dapat tumbuh.

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Selamat datang di blog Mari Belajar.
Ayo bagikan kebaikan dengan membagikan artikel yang bermanfaat di blog Mari Belajar ke sosial media kalian.
Jangan lupa untuk like dan follow sosial media Mari Belajar untuk mendapatkan materi belajar terbaru setiap harinya.
Tutup