Contoh Kasus Use Case dan Class Diagram - Mari Belajar - Materi, Soal, Jawaban dan Tutorial Untuk SD, SMP, SMA/SMK dan Kuliah
News Update
Loading...

Sabtu, 06 Desember 2014

Contoh Kasus Use Case dan Class Diagram


1. Gambarkan Use Case Diagram untuk situasi berikut : Staf Penjualan akan mencetak faktur untuk diberikan kepada pelanggan setiap kali menerima pesanan dari pelanggan.


2. Gambarkan Class diagram untuk situasi berikut ini : PC, Notebook dan Netbook adalah ragam jenis Komputer yang secara umum dapat dihubungkan dengan printer.


3. Buatlah Use case dari kasus berikut : RUMAH MAKAN SELERA KITA mempunyai pelanggan yang cukup banyak dan setiap jam makan pasti penuh. Agar dapat melayani pelanggan dengan cepat, pemilik RUMAH MAKAN SELERA KITA ingin mengubah sistem dari manual ke Komputerisasi. Gambar diatas adalah denah RUMAH MAKAN SELERA KITA yang akan dibuat. Jumlah meja dapat ditambah pada saat RUMAH MAKAN SELERA KITA telah menggunakan sistem baru. Berikut ini adalah sistem informasi yang dikehendaki oleh pemilik RUMAH MAKAN SELERA KITA.

  • Setiap kali ada tamu datang, waitress mempersilahkan tamu duduk dikursi yang masih kosong dan waitress mencatat pesanan yang dipesan oleh tamu kedalam captain order (bentuknya seperti buku catatan yang dapat disobek), catatan pesanan tersebut dimasukkan kedalam salah satu komputer di captain station yang terdekat dengan meja tamu yang memesan. Jumlah captain station ada 4. Sebelum waitress dapat memasukkan pesanan pelanggan, waitress harus memasukkan nomor meja tamu kedalam captain station, ini disebut open table. Setelah memasukkan pesanan pelanggan, pesanan makanan akan dicetak pada printer yang ada di dapur sedangkan pesanan minuman akan dicetak pada printer yang terdapat pada Bar. Bila ada pelanggan akan menambah pesanan makanan maupun minuman, maka waitress akan menambahkan pesanan tersebut kedalam captain station, prosesnya sama dengan diatas
  • Pada layar kasir akan terlihat meja yang terisi tamu dan sekaligus jumlah rupiah dari pesanan yang dipesan tamu pada meja bersangkutan. Setiap kali waitress memasukkan menu tambahan maka jumlah rupiah pada layar kasir juga bertambah. Bila ada pelanggan yang akan membayar, maka kasir tersebut tinggal memasukkan nomor mejanya kemudian bon akan dicetak. Setelah dilakukan pembayaran, maka jumlah pembayarannya baru dimasukkan dan daftar meja yang ada di layar kasir hilang.
  • Bila ada menu yang telah habis, maka koki (tukang masak) akan memberitahukan pada captain dan captain akan memasukkan data menu yang habis kedalam komputer.



Share with your friends

1 komentar

  1. Makasih mba, artikelnya sangat membantu saya dalam mengerjakan tgs kuliah

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done