UAS Analisa Proses Bisnis - Mari Belajar - Belajar dimana saja dan kapan saja.
Terbaru
Memuat...

Kamis, 20 Februari 2014

UAS Analisa Proses Bisnis

Ulangan Akhir Semester

Analisa Proses Bisnis



KASUS :
Dari hasil wawancara didapat narasi sbb :

    Bengkel "SPEED" adalah sebuah bengkel motor yang dapat memperbaiki semua jenis motor yang ada saat ini. Proses perbaikan dimulai dengan seorang pemilik motor membawa motornya ke bengkel dan ketemu admin. Admin akan mencatat nomor kendaraan, jenis kendaraan, nama pemilik, alamat pemilik dan no telepon pemilik ke daftar pelanggan. Setelah itu pemilik kendaraan akan menceritakan keluhannya ke admin dan admin akan mencatat semua keluhan pemilik kendaraan.
    Berikutnya admin akan mencari mekanik(teknisi) yang ada dan memberikan identitas kendaraan dan laporan keluhan pemilik kendaraan. Mekanik akan memeriksa dan melakukan perbaikan motor. Jika ada sparepart motor yang harus diganti, maka mekanik akan hub admin dan admin akan konfirmasi harga sparepart ke pemilik motor utnuk meminta persetujuan pergantian. Jika pemilik setuju maka motor akan dibongkar, dilakukan pergantian dan akan dikenakan biaya jasa dan pembelian sparepart. Jika pemilik tidak setuju maka motor akan diperbaiki tanpa pergantian sparepart dan hanya dikenakan biaya jasa.
    Setelah perbaikan selesai maka mekanik akan memberikan laporan pekerjaan yang telah dilakukan ke admin dan admin akan membuat tagihan yang diserahkan ke pemilik. Pemilik akan membayar sesuai tagihan dan menerima motornya kembali. Pada saat bengkel tutup, maka admin akan membuat laporan harian pendapatan jasa dan laporan harian penjualan sparepart ke pemilik bengkel.

TUGAS :
1. Gambarkan Proses Bisnis Operasi dengan menggunakan Activity Diagram.
2. Lakukan Proses Bisnis Informasi.
3. Lakukan Proses Bisnis Manajemen.

Share with your friends

1 komentar

Pemberitahuan
Selamat datang di blog Mari Belajar.
Ayo bagikan kebaikan dengan membagikan artikel yang bermanfaat di blog Mari Belajar ke sosial media kalian.
Jangan lupa untuk like dan follow sosial media Mari Belajar untuk mendapatkan materi belajar terbaru setiap harinya.
Tutup
Night Mode